Sabtu, 01 Desember 2018

Konsep Biaya dan Lingkungan Ekonomi (Pengantar Ekonomi & Manajemen 1)


Hasil gambar untuk keuangan

2.1 TERMINOLOGI BIAYA       

Biaya Tetap
 Biaya tetap adalah biaya yang tidak terpengaruh oleh tingkat kegiatan di atas jangkauan pengoperasian yang layak untuk kapasitas atau kemampuan yang tersedia.
·       Biaya variabel
Biaya variabel adalah biaya-biaya yang dihubungkan terhadap pengoperasian yang secara total berubah-ubah sesuai dengan banyaknya keluaran (output) atau ukuran –ukuran tingkat kegiatan yang lain.
·    Biaya Inkremental
Biaya inkremental atau pendapatan inkremental adalah biaya atau pendapatan tambahan yang diakibatkan dari peningkatan keluaran dari suatu sistem dengan satu unit atau lebih.
·       Biaya Berulang
Biaya berulang adalah biaya-biaya yang bersifat repetitif dan terjadi ketika suatu organisasi menghasilkan barang atau jasa yang sama secara kontinu. Biaya variabel juga merupakan biaya berulang karena biaya tersebut berulang terhadap tiap satuan keluaran.
·       Biaya Langsung
Biaya langsung adalah biaya yang dapat diukur dan dialokasikan ke suatu keluaran tau kegiatan kerja tertentu.
·       Biaya tidak langsung
Biaya tidak langsung adalah biaya yang sulit untuk dimasukkan atau dialokasikan ke suatu keluaran atau kegiatan kerja tertentu. Penggunaan biaya ini adalah biaya-biaya yang dialokasikan melalui rumus-rumus tertentu seperti jam tenaga kerja langsung, nilai uang tenaga kerja langsung atau nilai uang meterial langsung ke suatu keluaran atau kegiatan kerja.
·       Overhead
Overhead terdiri dari biaya-biaya pengoperasian pabrik yang bukan merupakan biaya tenaga kerja langsung ataupun material langsung. Biaya listrik, perbaikan umum, pajak kepemilikan dan supervisi merupakan overhead.
·       Biaya Standar
Biaya standar adalah biaya representatif per satuan keluaran yang ditetapkan sebelum produksi maupun penyampaian jasa sebenarnya. Biaya ini dikembangkan dari waktu tenaga kerja langsung, material dan fungsi pendukung yang direncanakan untuk proses produksi dan penyampaian.
·       Biaya Tunai
Biaya tunai adalah biaya yang melibatkan pembayaran tunai. Biaya tunai merupakan beban-beban dimasa depan yang terjadi untuk alternatif-alternatif yang sedang dianalisis.
·       Biaya buku
Biaya buku adalah biaya bukan tunai yang tidak melibatkan transaksi tunai, melainkan biaya yang menyatakan pemulihan pengeluaran-pengeluaran dimasa lalu selama suatu periode waktu yang tetap.
·       Biaya Hangus 
Biaya hangus adalah biaya yang terjadi dimasa lalu dan tidak relevan untuk memperkirakan macam-macam biaya dan pendapatan dimasa depan sehubungan dengan alternatif arah tindakan. Biaya ini bukan bagian dari arus kas dimasa depan dan dapat diabaikan dalam analisis ekonomi teknik.
·       Biaya Kesempatan
Biaya kesempatan terjadi akibat penggunaan sumber-sumber daya yang terbatas,  seperti hilangnya kesempatan untuk mempergunakan sumber-sumber itu untuk mendapatkan keuntungan keuangan dengan cara lain.

2.2 Lingkup Ekonomi Umum
Perlu Anda tahu bahwa ilmu ekonomi memiliki 2 cara yang sangat terkenal yaitu mikro ekonomi dan makro ekonomi. Sudahkah Anda tahu mengenai perbedaan antara mikro ekonomi dan makro ekonomi?
Berikut ini perbedaan signifikan antara mikro dan makro ekonomi secara spesifik:
Mikro Ekonomi
Mikro ekonomi merupakan suatu kegiatan dalam perekonomian yang mempelajari tentang perhitungan kecil saja. Yang dimaksud dari perhitungan kecil ialah mikro ekonomi ini hanya memperhitungkan tentang perilaku konsumen dan perusahaan.
Dalam subjek ini, yang masuk dalam perhitungan sederhana ialah penentuan harga-harga pasar, input kuantitas, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Dalam sebuah perkembangan mikro ekonomi, dikenal beberapa konsep antara lain mengenai konsep ekonomi regional, ekonomi sumber daya alam, ekonomi lingkungan, ekonomi, dan ekonomi manajerial.
Dalam sebuah mikro ekonomi dikenal beberapa aspek penentu pula, seperti:
- Analisis biaya dan manfaat
- Elastisitas
- Teori permintaan dan penawaran
- Model-model pasar
- Industri
- Teori produksi
- Teori harga
Makro Ekonomi
Makro ekonomi ialah suatu kegiatan dalam perekonomian yang mempelajari ilmu perhitungan secara luas dan keseluruhan.
Hal tersebut dimaksudkan bahwa cabang ilmu makro ekonomi ini menjelaskan tentang beberapa faktor penyebab suatu perhitungan ekonomi, seperti: jumlah masyarakat, pasar, dan perusahaan.
Perkembangan dari makro ekonomi ini memiliki kaitan yang erat dengan masalah ekonomi negara atau publik.
Berikut ini beberapa aspek penentu dalam sebuah ilmu makro ekonomi:
  • Pendapatan nasional
  • Kesempatan kerja
  • Investasi
  • Inflasi
  • Neraca pembayaran

Demikianlah gambaran secara umum mengenai ilmu ekonomi dan 2 subjek penentu yang digunakan dalam sebuah perhitungan ilmu ekonomi.

2.3 Optimasi Rancangan yang digerakan Biaya
Sewaktu merancang dan memproses produk berupa barang atau jasa, para insinyur harus mempertahankan sudut pandang “siklus hidup” untuk memastikan pertimbangan biaya investasi awal, pengeluaran untuk operasional dan perawatan, serta pengeluaran lainnya.
Optimalisasi rancangan yang digerakkan biaya dalam penyelesaian masalah dibagi menjadi dua tugas penting, yaitu :
  • Menentukan nilai optimal variabel rancangan alternatif tertentu.
  • Memilih alternatif terbaik pada variabel perancangan.

Secara umum terdapat tiga jenis model biaya dalam suatu masalah, diantaranya adalah :
Biaya Tetap
Biaya yang bervariasi langsung terhadap variabel perancangan.
Biaya yang bervariasi secara tidak langsung terhadap variabel perancangan.
Bentuk sederhana dari model biaya dengan suatu variabel perancangan adalah sebagai berikut :
            aX + bX + k
untuk :
a = parameter yang menyatakan biaya yang bervariasi secara langsung.
b = parameter yang menyatakan biaya yang bervariasi secara tidak langsung
k = parameter yang menyatakan biaya tetap.
X = variabel perancangan yang ditanyakan.

Berikut langkah-langkah untuk menguraikan pendekatan secara umum dalam mengoptimalkan perancangan terhadap biaya :
  • Identiikasi variabel perancangan yang menggerakkan biaya primer
  • Tulis pernyataan untuk model biaya terhadap bentuk variabel perancangan
  • Tetapkan turunan pertama model biaya terhadap variabel perancangan kontinunya = 0. Untuk variabel-variabel perancangan diskret, hitung nilai dari model biaya itu untuk tiap nilai diskret pada jangkauan nilai-nilai potensial yang dipilih.
  • Selesaikan persamaan yang didapat dari langkah 3 untuk mendapat nilai optimum dari variabel peranangan kontinyu. Untuk variabel-variabel perancangan diskret nilai optimumnya merupakan nilai biaya minimum yang didapat pada langkah 3.
  • Untuk variabel-variabel perancangan kontinyu gunakan turunan ke-2 dari model biaya terhadap variabel perancangan untuk menentukan apakah nilai optimum yang didapat pada langkah ke-4 berhubungan dengan maksimum atau minimum global.

Pendekatan lain untuk memilih alternatif terbaik dari seperangkat diskret adalah dengan mengamati perbedaan inkremental diantara kumpulan alternatif yang memiliki biaya investasi rendah ke tinggi.

2.4 Studi Ekonomi Masa Kini
Masih tidak jauh berbeda dengan studi ekonomi sebelumnnya yang masih berhubungan dengan investasi, bunga, depresiasi, serta nilai waktu dari uang. Beberapa kasus yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi teknik masa kini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pemilihan desain tungku terbaik untuk gas efisiensi tinggi.
  • Pemilihan robot yang paling cocok untuk operasi pengelesan peralatan otomotif.
  • Rekomendasi apakah harus di beli atau tidak pesawat terbang jet suatu operasi.
Jadi, ekonomi teknik masa kini masih melibatkan analisis secara teknis, dengan menitik beratkan pada aspek ekonomi dan memiliki tujuan dalam membantu pengambilan keputusan.








Sumber Referensi :
http://teddydwiputra05.blogspot.com/p/bab-2-konsep-konsep-biaya-dan_1.html
https://www.ahlipengertian.com/ilmu-ekonomi/
https://anditacahyakemuning.wordpress.com/2017/11/02/konsep-konsep-biaya-dan-lingkungan-ekonomi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas softskill Universitas Gunadarma, program studi teknik elektro.

  SEKURITI SISTEM KOMPUTER A. SEKURITI SISTEM KOMPUTER Sistem  adalah suatu sekumpulan elemen atau unsur yang saling berkaitan dan memiliki ...