Minggu, 27 Januari 2019

Rangkuman Pengantar Ekonomi Dan Manajemen Teknik

RANGKUMAN EKONOMI TEKNIK 



Hasil gambar untuk ekonomi



Penjelasan Tentang Ekonomi dan Manajemen 

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. 
Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan, Kata ekonomi sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti keluarga, rumah tangga dan νόμος (nomos), atau peraturan, aturan hukum, dan secara garis besar diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.Secara umum, subyek dalam ekonomi dapat dibagi dengan beberapa cara, yang paling terkenal adalah mikroekonomi vs makroekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) vs normatif, mainstream vs heterodox, dan lainnya. 
Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis, dan pemerintah. Teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter, seperti misalnya penelitian perilaku kriminal, penelitian ilmiah, kematian, kesehatan, pendidikan, keluarga dan lainnya. Hal ini dimungkinkan karena pada dasarnya ekonomi seperti yang telah disebutkan di atas adalah ilmu yang mempelajari pilihan manusia.

Ilmu manajemen memberikan pemahaman kepada kita tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan manajer. Oleh karena itu masalah ini berisikan uraian tentang perkembangan (evolusi), teori manajemen dari masa ke masa. Selain memberikan gambaran bagaimana aliran pikiran masa lalu diharapkan tulisan ini dapat memberikan sumbangan terhadap ruang lingkup dan perkembangan ilmu manajemen.


Konsep Biaya Dan Lingkungan Ekonomi 

Merancang untuk memenuhi kebutuhan ekonomis dan mencapai pengoperasian operasi yang kompetitif pada organisasi swasta maupun publik tergantung kepada menyeimbangkan dengan hati-hati, apa yang layak secara teknis, dan apa yang dapat diterima secara ekonomis. Sayangnya, tak ada metode potong kompas yang tersedia untuk mencapai keseimbangan antara kelayakan teknis dan ekonomis ini. Jadi metode-metode analisis ekonomi teknik harus digunakan untuk memberikan hasil-hasil yang akan membantu mencapai suatu keseimbangan yang dapat diterima.

2.1 Terminologi Biaya

- Biaya Tetap
- Biaya Variabel
- Biaya Inkremental 
- Biaya Berulang
- Biaya Langsung
- Biaya Tidak Langsung 
- Overhead
- Biaya Standar 
- Biaya Tunai 
- Biaya Buku 
- Biaya Hangus 
- Biaya kesempetan 


2.2 Lingkup Ekonomi Umum 

Perlu Anda tahu bahwa ilmu ekonomi memiliki 2 cara yang sangat terkenal yaitu mikro ekonomi dan makro ekonomi, berikut penjelasannya. 
- Mikro ekonomi merupakan suatu kegiatan dalam perekonomian yang mempelajari tentang perhitungan kecil saja. Yang dimaksud dari perhitungan kecil ialah mikro ekonomi ini hanya memperhitungkan tentang perilaku konsumen dan perusahaan.
Makro ekonomi ialah suatu kegiatan dalam perekonomian yang mempelajari ilmu perhitungan secara luas dan keseluruhan.

Hal tersebut dimaksudkan bahwa cabang ilmu makro ekonomi ini menjelaskan tentang beberapa faktor penyebab suatu perhitungan ekonomi, seperti: jumlah masyarakat, pasar, dan perusahaan.

2.3 Optimasi Rancangan yang digerakan Biaya
Sewaktu merancang dan memproses produk berupa barang atau jasa, para insinyur harus mempertahankan sudut pandang “siklus hidup” untuk memastikan pertimbangan biaya investasi awal, pengeluaran untuk operasional dan perawatan, serta pengeluaran lainnya.Optimalisasi rancangan yang digerakkan biaya dalam penyelesaian masalah dibagi menjadi dua tugas penting, yaitu :

  • Menentukan nilai optimal variabel rancangan alternatif tertentu.
  • Memilih alternatif terbaik pada variabel perancangan

2.4 Studi Ekonomi Masa Kini
Masih tidak jauh berbeda dengan studi ekonomi sebelumnnya yang masih berhubungan dengan investasi, bunga, depresiasi, serta nilai waktu dari uang. Beberapa kasus yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi teknik masa kini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pemilihan desain tungku terbaik untuk gas efisiensi tinggi.
  • Pemilihan robot yang paling cocok untuk operasi pengelesan peralatan otomotif.
  • Rekomendasi apakah harus di beli atau tidak pesawat terbang jet suatu operasi.
Jadi, ekonomi teknik masa kini masih melibatkan analisis secara teknis, dengan menitik beratkan pada aspek ekonomi dan memiliki tujuan dalam membantu pengambilan keputusan.
Aplikasi-aplikasi hubungan nilai uang terhadap waktu
Net Present Vaue
NPV Net Present Value) merupakan selisih antara pengeluaran dan pemasukan yang telah didiskon dengan menggunakan social opportunity cost of capital sebagai diskon faktor, atau dengan kata lain merupakan arus kas yang diperkirakan pada masa yang akan datang yang didiskonkan pada saat ini. Untuk menghitung NPV diperlukan data tentang perkiraan biaya investasi, biaya operasi, dan pemeliharaan serta perkiraan manfaat/benefit dari proyek yang direncanakan.

Future Worth Value
Future worth value adalah nilai suatu aset pada tanggal tertentu. Itu mengukur jumlah masa depan nominal uang yang diberikan sejumlah uang yang “layak” pada waktu tertentu di masa depan dengan asumsi tertentu suku bunga , atau lebih umum , tingkat pengembalian , itu adalah nilai sekarang dikalikan dengan fungsi akumulasi. Nilai tidak termasuk koreksi terhadap inflasi atau fakor lain yang memengaruhi nilai sebenarnya dari uang di masa depan.   Ini digunakan dalam nilai waktu dari uang perhitungan
Annual Worth Value
Anuitas adalah suatu rangkaian penerimaan atau pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu. Selain itu anuitas juga diartikan sebagai kontrak di mana perusahaan asuransi memberikan pembayaran secara berkala sebagai imbalan premi yang telah Anda bayar. Contohnya adalah bunga yang diterima dari obligasi atau dividen tunai dari suatu saham preferen.

Internal Rate of Return
        IRR berasal dari bahasa Inggris Internal Rate of Return disingkat IRR yang merupakan indikator tingkat efisiensi dari suatu investasi. Suatu proyek/investasi dapat dilakukan apabila laju pengembaliannya (rate of return) lebih besar dari pada laju pengembalian apabila melakukan investasi di tempat lain (bunga deposito bank, reksadana dan lain-lain).
External Rate of Return

Tingkat pengembalian eksteral adalah tingkat pengembalian dimana nilai sekarang dari serangkaian kas akan menjadi nol, dimana semua uang tunai mengalir dalam selama proyek tersebut diinvestasikan kembali pada tingkat pengembalian tambahan.

Teori Permintaan dan Penawaran 

- Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu.
Masyarakat selaku konsumen harus membeli barang atau jasa keperluannya di pasar. Keadaan ini mengandaikan bahwa barang atau jasa itu memiliki tingkat harga tertentu. Adanya berbagai macam harga di pasar selanjutnya mengandaikan adanya kondisi yang mempengaruhi. Adapun unsure-unsur yang terdapat pada permintaan yakni barang atau jasa, harga dan kondisi yang mempengaruhi. Jadi permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang dibeli dalam berbagai situasi dan tingkat harga.
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkanpada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.Dalam rangka menjawab kebutuhan konsumen, pihak produsen menyediakan berbagai barang dan jasa. Barang dan jasa hasil produksi ini kemudian dijual kepada konsumen di pasar menurut tingkat harga tertentu. permintaan bersangkut paut dengan pembelian dan pemakainan sedangkan penawaran bersangkut paut dengan peneyediaan dan penjualan. Jadi penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia untuk dijual pada berbagai tingkat harga dan situasi.


  • DEFINISI ELASTISITAS
Elastisitas (pemuluran) adalah pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan. Dengan kata lain elastisitas adalah tingkat kepekaan (perubahan) suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi yang lain.
  • ELASTISITAS PERMINTAAN
Elastisitas permintaan mengukur seberapa besar kepekaan perubahan jumlah permintaan barang terhadap perubahan harga.
  • ELASTISITAS SILANG
Elastisitas Silang ( Elastisitas Harga Silang) yaitu persentase perubahan jumlah barang yang diminta yang disebabkan oleh perubahan harga barang lain (barang yang mempunyai hubungan) sebesar satu persen.
  • ELASTISITAS PENDAPATAN
Elastisitas Pendapatan yaitu persentase perubahan jumlah barang yang diminta yang disebabkan oleh perubahan pendapatan riel konsumen sebesar satu persen.











Referensi :  http://ferdyard.blogspot.com 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas softskill Universitas Gunadarma, program studi teknik elektro.

  SEKURITI SISTEM KOMPUTER A. SEKURITI SISTEM KOMPUTER Sistem  adalah suatu sekumpulan elemen atau unsur yang saling berkaitan dan memiliki ...